INDONESIAN CULINARY BUSINESS ASSOCIATION IN VICTORIA

Updated: Feb 13, 2018


Melbourne, ibukota dari negara bagian Victoria, telah menjadi saksi atas diresmikannya asosiasi baru untuk mempromosikan kuliner Indonesia di Australia. Kemarin (23/1), Plt. Konsul Jenderal Republik Indonesia di Melbourne, Zaenal Arifin, telah meresmikan pendirian “Indonesian Culinary Association in Victoria (ICAV)”. Acara ini bertempat di KJRI Melbourne, dan dihadiri oleh 150 orang yang terdiri atas para pengusaha kulineri, chef professional, media, serta para Tokoh Masyarakat Indonesia


Acara peresmian tersebut merupakan tindaklanjut dari hasil pertemuan antara KJRI Melbourne dengan berbagai stakeholders kulineri Indonesia yang dilaksanakan pada 5 Desember 2016, dimana salah satu keputusan pentingnya adalah pembentukan suatu wadah asosiasi pebisnis dan chef professional kulineri Indonesia yang ditujukan untuk beberapa hal antara lain:


(i).memajukan bisnis kuliner Indonesia di Victoria di mana sekarang terdapat 40 restoran;


(ii).mendorong penyerapan tenaga kerja professional kuliner Indonesia; dan


(iii).sebagai mitra pemerintah untuk bekerjasama dalam mendorong promosi Indonesia di Victoria.


Selain menandatangani memorandum pendirian, Zaenal Arifin juga melantik ketua pertama ICAV periode 2018 - 2020, Razak Baswedan. Pria yang telah lama menetap di Melbourne ini sudah memberikan banyak kontribusi dalam mempromosikan kuliner nusantara melalui bisnis kuliner Indonesia yang dijalaninya. Dalam pidatonya sebagai Ketua Asosiasi, Razak Baswedan menyampaikan harapan besar seluruh stakeholders, baik kalangan bisnis, professional maupun Pemerintah untuk turut bekerjasama dalam memperkuat promosi kulineri Indonesia, serta meningkatkan penetrasi pasar melalui bisnis kulineri dimaksud.


Dalam sambutan penutup, Zaenal Arifin menyampaikan terima kasih kepada Razak Baswenan sebagai Ketua Terpilih, beserta rekan rekan pengurus, serta seluruh anggota/pengusaha bisnis kulineri atas kesediaan menyumbangkan waktu dan pikiran untuk kemajuan kulineri Indonesia di Victoria.


Malam itu juga diadakan perpisahan bagi Banga Mangalewa sebagai Konsul Muda Ekonomi KJRI Melbourne yang akan kembali ke Indonesia. Peresmian ICAV ini pun menjadi agenda terakhir bagi Banga setelah 3 tahun bertugas di negeri kangguru ini.


Sumber : KJRI Melbourne









Kopitoebruk adalah media bagi komunitas Indonesia di Melbourne, Australia. Berisikan soal kabar seputar kegiatan para warga di tanah kangguru terutama di Melbourne, serta tanah air tercinta.

@ Kopitoebruk.com 2018